Blogger Template by Blogcrowds

Tips Pendidikan Tinggi Di Belanda
Gelar dan Persyaratan Masuk
Institusi pendidikan tinggi di Belanda menawarkan lebih dari 1.150 program studi internasional dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Bila anda datang ke Belanda untuk mengambil salah satu program studi ini, maka bahasa pengantarnya sejak awal hingga selesai adalah bahasa Inggris, (sumber : www.foundation-info.com)
Sistem
Di Belanda tersedia dua tipe utama pendidikan tinggi reguler; pendidikan tinggi lanjutan untuk kalangan profesional dan pendidikan tinggi lanjutan untuk universitas. Universitas melatih parasiswanya untuk menggunakan ilmunya secara mandiri. University of applied sciences, yang di Belanda dikenal dengan hogescholen, lebih berorientasi ke praktek, para siswa langsung diarahkan untuk meraih jenjang karier di bidangnya. Belanda juga memiliki lembaga pendidikan internasional atau institut yang sudah sejak lama menawarkan program-program yang dirancang khusus bagi siswa-siswa internasional khususnya dari negara-negara berkembang.
Pendidikan Tinggi Di Universitas
Di Belanda ada 14 Universitas. Pada prinsipnya, universitas ini melatih mahasiswa menjadi ilmuwan dan pakar di salahsatu bidang ilmu,namun banyak program studi juga mengarah ke lingkup profesional, sehingga kebanyakan alumninya dapat bekerja di luar lingkungan riset.
Pendidikan Tinggi Di “Universitas Of Applied Sciences”
Program studi yang ditawarkan oleh University Of Applied Sciences sangat berorientasi pada karier. Belanda mempunyai lebih dari 60 lembaga pendidikan sejenis ini.
Institut Pendidikan Internasional
Institut Pendidikan Internasional menawarkan program-program tingkat lanjutan dalam bahasa Inggris yang dikenal sebagai Internasional Education atau IE. Program studi tingkat lanjutan ini pada awalnya hanya diselenggarakan si institut IE tertentu. Namun saat ini, baik universitas atau University Of Applied Sciences juga menawarkan program studi dalam bahasa Inggris untuk tingkat lanjutan tertentu.
Awalnya pendidikan Internasional di tujukan bagi kelulusan setingkat pasca sarjana yang telah memilikipengalam kerja. Program studi ini semakin banyak jumlahnya dan semakin luas bidangnya. Kurikulum instensif, tingkatannya tinggi, dan orientasinya praktis serta dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa yang mencari pengetahuan khusus dari negara-negara berkembang.

Gelar-Gelar Yang Ditawarkan
Siswa yang mendaftar di program-program pendidikan tinggi memperoleh gelar Bachelor setelah menyelesaikan jenjang pendidikan regulernya dan memperoleh gelar master setelah menyelesaikan jenjang pascasarjana. Baik universitas maupun University Of Applied Sciences menwarkan gelar Bachelor dan Master, namun perbedaan orientasinya antar kedua jenis pendidikan tetap dipertahankan.
Gelar “Bachelor”
Siswa akan memperoleh gelah Bachelor dari universitas setelah menempuh pendidikan selama tiga tahun pebuh dengan penekanan pada subyek-subyek akademis. Sedangkan program Bachelor yang ditawarkan oleh University Of Applied Sciences membutuhkan waktu empattahun penuh dengan penekanan pada ilmu-ilmuterapan (aplikatif). Siswa yang telah menyelesaikan D-III (Diploma tingkat lanjut) atau yang telah menempuh pendidikan setelah tiga tahun dapat medaftar pada tingkat akhir pada program ini. Kemungkinan ini hanya akan ditwarkan oada beberapa University Of Applied Sciences.
Gelar “Master”
Program Master di Universitas membutuhkan masa studi satu atau sampai dua tahun, tergantung oada disiplin ilmunya. Sedangkan program Master yang diselenggarakan University Of Applied Sciences akan memakan waktu antara satu sampai satu setengah tahun.
Gelar Doktor
Riset Independent merupakan bagian penting dari seiap program universitas. Mereka yang bergelar Master dapat melanjutkan studinya untuk meraih gelar doktor atau Ph.D melalui proses yang disebut promosi. Untuk proses ini masih diperlukan riset selama empat tahun penuh dibawah bimbingan seorang profesor universitas. Selanjutnya seorang siswa harus menulis disertasi berdasarkan proyek risetnya sendiri dan kemudian berhasil mempertahankannya dalam sidang terbuka di hadapan komite yang terdiri dari para profesor.


0 comments:

Newer Post Older Post Home