Blogger Template by Blogcrowds

Biaya Hidup di Kanada

Biaya Hidup di Kanada
Sebagaimana hasil liputan salah seorang wartawan harian Kompas yakni Tonny D. Widiastono (harus disebutin neh namanya agar jangan dibilang plagiat) yang dipublikasikan pada tanggal 11 September 2003 yang mencoba menghitung secara riil pengeluaran hidup minimal oleh seorang mahasiswa yang ingin kuliah di Kanada didapatkan hasil sebagai berikut.
Paling tidak setiap mahasiswa yang kuliah di Kanada harus menghitung pengeluaran untuk transportasi, pemaikan telepon, makan, mengirim surat dan penginapan (ini kebutuhan dasar aja lho..apalagi kalo pacaran terus punya selingkuhan lagi..wah tambah gede neh pengeluarannya tapi ga cuma pengeluarannya aja yang gede..itu nya juga gede..hehehehe).
Untuk transportasi, Tony (si wartawan kompas ini) memperkirakan bahwa ongkos untuk bus-bus kota dalam keadaan bagus (dalam artian pake AC dan bersih serta nyaman) sekitar 2,00 dollar Kanada untuk sekali jalan (metromini ada ga ya di Kanada..kemahalan bgt neh ongkosnya) dengan perbandingan 1 dollar Kanada setara dengan 1,25 dollar US. Namun demikian seorang mahasiswa bisa membeli karcis bus terusan, yang bisa dipakai untuk naik bus dan kereta.
Adapun telepon lokal ongkosnya tak lebih dari 0,25 dollar Kanada (Ton..ini tarifnya per detik atau per menit atau per jam?? Pake syarat dan ketentuan berlaku ga ??). Keperluan surat menyurat dalam negeri Kanada ongkosnya sekitar 0,50 dollar anada, sedangkan untuk internasional sekitar 1,30 dollar Kanada.
Selain itu perlu disadari bahwa beberapa provinsi memungut pajak untuk barang dan jasa pelayanan. Semua provinsi memungut pajak federal yang disebut Goods Service Taxs (GST) sebanyak tujuh persen dari seluruh pembelian. Bagi para tamu dan pelancong,sebagian pajak GST bisa diminta kembali saat keluar dari Kanada, dengan syarat menyertakan bon asli barang yang dibeli. Selain GST, pemerintah juga menerapkan pajak lain,pajak pemerintah pusat.
Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah tempat tinggal, baik sementara (saat datang) mapun ada keputusan untuk belajar di Kanada. Akomodasi sementaraitu bisa berupa hotel yang banyak terdapat dikota-kota besar di Kanada. Harganya pun bervariasi. Tarif terendah sekitar 45-75 dollar Kanada. Harap waspada karena hotel dengan tarif ini sangat sulit sekali yang bermutu baik apalgi yang berada di kota-kota besar. Hotel bertarif sedang berkisasr sekitar 55-135 dollar Kanada. Sementara itu untuk tarif mahal sekitar 135-250 dollar Kanada dan untuk hotel bintang lima sekitar 250 dollar Kanada semalamnya.
Apabila hotel digunakan sebagai tempat tinggal sementara, disarankan untuk memesan jauh hari sebelum waktunya karena apabila anda datang pada bulan Mei hingga Agustus yang merupakan puncak kunjungan turis pada musim panas maka hampir 90% hotel di Kanada sudah dipesan.
Pilihan penginapan lainnya yaitu yang sering disebut dengan Bed And Breakfast. Kamar-kamar ada dalam rumah pribadi atau penginapan lokal. Kebanyakan kamar tidak memiliki kamar mandi atau kamar kecil sendiri. Bed and Breakfast ada dalam berbagai rumah kuno, atau berdampingan dengan townhouse modern, rumah petani dan sebagainay dengan tarif 35-105 dollar Kanada semalamnya.
Penginapan termurah di kota besar lainnya yakni Hostel Pemuda/YWCA/YMCA. Sesuai harga sewanya berkisar sekitar 10-20 dollar Kanada per malam, meyediakan fasilitas penginapan ekonomis. Meski demikian, pada penginapan ini ada sejumlah fasilitas seperti kamar kecil, kamar mandi dan dapur yang dapat dipergunakan bersama-sama. Hostel-hostel yang tersebar di seluruh Kanada ini dipantau oleh Canadian Hosteling Association. Untuk itu bila ingin menggunakan hostel sebagai tempat sementara sebaiknya anda mengubungi terlebih dahulu International Youth Hosteling Association.
Meski murah hotel-hotel YMCA/YWCA umumnya bersih-bersih, aman, nyamandan dilengkapi dengan pusat kebugaran termasuk kolam renang. Namun pada musim panas, hostel-hostel ini cepat penuh. Untuk YMCA/YWCA harga rata-rata kamar sekitar 24-45 dollar Kanada.
Sementara itu untuk akomodasi jangka panjang ada yang disediakan oleh sekolahmaupun diperumahan luar kampus. Akomodasi yang disediakan oleh sekolah bisa berupa tempat kos atau asrama. Adapun akomodasi diluar kampus berbentuk sewa rumah.
Kebanyakan keluarga Kanada buka kos-kosan dan mereka umunya menyambut baik para mahasiswa asing. Indekos pada keluarga Kanada juga merupakan caraefektif guna memperbaiki bahasa Inggris dan Perancis (karena warga Kanada pada umumpnya memakai dua bahasa), belajar tentang kehidupan sehari-hari dan menjumpai kenalan baru. Indekos juga menawarkan lingkungan yang nyaman dan aman bagi anak muda (terutama para perempuan) yang datang belajar di Kanada.
Sejauh ini indekos diatur oleh pihak Sekolah. Kebutuhan mahasiswa pada umunya disesuaikan dengan keluarg-keluarga yang memiliki minat serupa. Sementara itu, fasilitas dan lokasi, berbeda-beda dari satu rumah ke rumah yanglain. Untuk itu, katakanlah kecenderungan yang anda miliki, kebiasaan yang anda miliki, dan keperluan apa saja yang diperlukan agar sekolah bisa mencarikan tempat kos yang sesuai dengan keinginan anda.
Tarif indekos berlainan, tergantung lokasi. Beberapa tempat kos akan memungut biaya penempatan hingga 200 dollar Kanada. Namun rata-rata tarif indekos adalah 400-800 dollar Kanada per tahun.
Akomodasi lainnya yang termasuk murah adalah asrama. Banyak lembaga pendidikan mempunyai akomodasi yang letaknya strategis atau dekat dengan kampus. Ukuran kamar dan mutu bisa berbeda-beda. Namun, banyak asrama yang mempunyai fasilitas dapur, kamar kecil, kamar mandi, dan tempat cuci yang digunakan secara bersama. Asramanya biasanya dipisahkan menurut jenis kelamin. Dalam beberapa hal, ada beberapa asrama yang memilikikatering atau kafetaria dengan langganan makan sudah termasuk dengan harga asrama. Kebanyakan asrama dilengkapi dengan perabot. Tarif rata-rata kamar di asrama sekitar 3.000-7.500 dollar Kanada per tahun.
Bentuk akomodasi yanglain adalah menyewa rumah, dengan harga, mutu yang bervariasi. Ongkos sewa sering cukup mahal, terutama yang berada di kota-kota besar. Selain itu tempatnya pun selalu tidak tersedia. Untuk menghemat biaya, banyak mahasiswa ramai-ramai sewa rumah. Lokasi rumahpun disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
Meskipun demikian, banyak sekolah menawarkan pelayanan perumahan di luar kampus dan menyediakan daftar perumahan yang terjangkau dan berada di dekat kampus. Pada pusat pelayanan ini, mereka yang ingin mencari penginapan bersama juga bisa mendapatkan teman sekamar. Setiba dikampus, bisa ditemukan berbagai macam selebaran yang ditempel di seluruh kampus yang mengiklankan penginapan di sekitar kampus. Namun yang paling baik aturlah langkah sebelum tiba di Kanada.
Selain rumah, ada pula yang memilih apartemen untuk tempat tinggal. Daftar apartemen atau rumah yang tersedia, umunya diterbitkan setiap minggu pada koran setempat. Para mahasiswa harus menentukan sendiri tempat yang sesuai, karena sekolah tidak memeriksa tempat ini dan tidak dapat mengaturnya. Kebanyakan pemilik apartemen meminta deposit untuk menanggulangi kerusakan dan uang sewa dibayar bulanan dalam bentuk tunai atau cek. Mengingat apartemen mengaitkan dengan pihak lain,perjanjian dengan pemilik apartemen harus dilakukan dengan teliti. Periksalah dengan teliti dan pahami benar syarat-syarat kontrak sebelum menandatangani. Periksa juga keadaan apartemen atau kamar guna menentukan apakah ada yang harus diperbaiki dahulu oleh pemilik sebelum anda masuk.
Saat ini tarif rata-rata penginapan untuk tinggal bersama sekitar 250-700 dollar anada perbulan. Adapun tarif rata-rata apartemen 400-1.500 dollar Kanada per bulan.


0 comments:

Newer Post Older Post Home