Blogger Template by Blogcrowds

Cara Memperoleh Izin Belajar Dan Visa Untuk Kuliah Di Kanada
Bagi siapapun yang ingin belajar di Kanada, mau tidak mau diperlukan visa, izin belajar mahasiswa, atau keduanya. Seluruh program yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Kanada memerlukan izin belajar bagi mahasiswa.
Berdasarkan apa yang saya baca pada Kompas edisi 11 September 2003 (hmmm..tanggal yang mengingatkan kita ketika terjadi Tragedi WTC neh) dan dari beberapa sumber online dari situs Pemerintah Kanada disebutkan ada beberapa langkah untuk memperoleh izin belajar.
Pertama, mengambil formulir izin belajar di Kedutaan Besar anada diJAkarta atau Pusat Pendidikan Kanada. Surat lamaran dan dokumentasi harus diserahkan ke kantor visa terdekat. Izin belajar juga bisa diperoleh di salah satu pelabuhan kedatangan (udara maupun laut), saat masuk ke Negara Kanada. Namun privilese ini hanya diperuntukkan bagi warga negara Amerka Serikat, atau mereka yang memiliki kerabat di Kanada yang manu mengananggungnya/
Kedua, mengumpulkan berbagai dokumen yang diperlukan dan menyerahkan seluruh domumentasi yang diminta, berikut surat lamaran. Apabila dokumentasi anda tidak lengkap, tentu akan menunda proses perizinan. Dokumen-dokumenyang diperlukan antara lain adalah tanda pengenal. Bukti ini bisa berupa fotokopi paspor atau dokumen perjalanan yang masih berlaku atau surat pernyataan yang menjamin bisa masuk kenegara yang mengeluarkan, disertai dengan empat lembar foto terakhir ukuran paspor (5 cm x 6,35 cm) untuk tiap anggota keluarga yang akan berangkat, menuliskan nama lengkap dan tanggal lahir di belakang tiap foto. Petugas visa mungkin akan melihat paspor dokumen perjalanan yang asli, dan akan memberitahukannya jika menghendakinya.
Dokumen lainnya, yaitu memiliki uang cukup selama tinggal di Kanad untuk membayar sekolah, perjalanan pulang, dan 10.000 dollar Kanada per tahun untuk biaya hidup. Dokumen untuk kebutuhan ini dapat dibuktikan dengan rekening bank di Kanada dalam bentuk draft dalam mata uang yang dapat ditukarkan, atau bukti pembayaran uang sekolah dan tempat tinggal.
Dokumen ketiga, hasil pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan amat diperlukan nila yangbersangkutan akan tinggal di Kanadaselama lebih dari enam bulan. Pemrosesan kesehatan akan menambah beberapa minggu waktu yang diperlukan untuk memperoleh surat izin belajar bagi mahasiswa (hmm...ribet juga ya prosedurnya..kirain cuma di Indonesia aja yang prosesnya berbelit-belit..eh taunya negara maju lebih parah lagi neh..). Dalam beberapa hal memang diperlukan pemeriksaan kesehatan, meskipun kulai atau kursus yang diambil kurang dari enam bulan. Dalam hal ini, petugas visa akan memastikan apakah pemohon visa perlu memeriksakan kesehatan serta intruksi yang diperlukan.
Dokumen keempat, bukti penerimaan dari lembaga pendidikan yang diakui. Informasi nama, tanggal lahir, alamat surat menyurat mahasiswa, kuliah atau kursus di Perguruan Tinggi mana, perkiraan lama atau tanggal selesai kuliah atau kursus, tanggal kapan kuliah atau kursus dimulai, tanggal terakhir mahasiswa harus mendaftar untuk kuliah atau kursus itu, tahun ajaran saat mahasiswa mulai masuk, apakah kuliah atau kursus itu diselenggarakan separuh waktu atau penuh, uang kuliah, persyaratan yangberkaitan dengan penerimaan, identifikasi yang jelas dari lembaga pendidikan bersangkutan, informasi lisensi untuk lembaga swasta. Seluruh dokumen itu harus ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang.
Apabila seluruh dokumen sudah lengkap, maka langkah ketiga adalah membawa seluruh berkas atau dokumentadi ke kantor visa berikut biaya izn tinggal mahasiswa. Bila petugas visa merasa yakin, calon mahasiswa akan menerima dokumen yang harus ditunjukkan ke petugas imigrasi saat tiba di Kanada, yang kemudian akan memberi izin belajar. Diingatkan bahwa izin tinggal mahasiswa selama kuliah atau kursus umumnya lama, maka paspor yang berlaku pun diharapkan memiliki jangak waktu yang sama.
Ketika mengurus visa, ada sejumlah pertanyaan yang sering dikemukakan. Dalam hal wawancara, petugas akan menghubungi calon mahasiswa dan menentuakan waktu serta tempat bertemu. Pertanyaan yang sering muncul adalah “apa yang akan terjadi saat saya (calon mahasiswa baru) tiba di Kanada ?”. jawabannya adalah ketika anda tiba di Kanada, anda harus memberitahu petugas keimigrasian bahwa anda adalah mahasiswa internasional yang ingin mengambil surat izn belajar mahasiswa anda. Pada saaat itu, anda harus memperlihatkan surat yang dikeluarkan oleh petugas kantor visa Kanada dinegara asal, dan petugas imigrasi akan mengeluarkan surat izin belajar mahasiswa. Jadi, surat izin belajar mahasiswa bukan dikeluarkan oleh petugas bea cukai, tetapi petugas imigrasi.
Lalu bagaimana cara memperpanjang izin belajar ?? Perpanjangan izin belajar bisa dilakukan di Kanada. Untuk itu pusat Imigrasi Kanada terdekat, paling tidak dua bulan sebelum izin belajar habis atau kadaluarsa. Jangan lupa meinta surat lamaran untuk diposkan ke alamat anda. seluruh lamaran untuk izin belajar mahasiswa dariluar anada, harus dikirim dan diporses oleh Pusat Pemrosesan Kewarganageraan dan Imigrasi Kanada.
Tidak kalah penting, semua siswa dan mahasiswa internasional Kanada, wajib memiliki asuransi kesehatan. Cakupan kesehatannya, bervariasi tergantung dari ketentuan yang berlaku di tiap provinsi.


0 comments:

Newer Post Older Post Home