Blogger Template by Blogcrowds

Trik Memenangkan Beasiswa
Ada beberapa tahap atau trik untuk memenangkan beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Secara garis besar tahapan ini tidak akan dapat dilalui hanya dalam jangka pendek saja, namun perlu waktu dan persiapan yang matang untuk meraih hasil yang maksimal. Adapun tahapan tersebut adalah, sebagai berikut:
1.Mulai membidik bidang apa yang ingin dipelajari
Saat ini juga Anda yang telah memiliki bekal ilmu di SMU atau Perguruan Tinggi mulai memikirkan apa yang akan terjadi 10 atau 20 tahun mendatang dan dimana. Bayangan ke depan memang tidak akan persis sama, namun setidaknya kita sudah mulai mampu memetakan kejadian ke depan.
Proyeksi yang Anda lakukan terhadap pembidangan kemudian mengerucut akan menjadi beberapa pilihan saja. Pertimbangan yang perlu diambil bisa saja atas dasar perkembangan dari pasar kerja yang ada di daerah, atau di tempat Anda tinggal. Kalau di Jakarta jelas bidang ilmu yang diperlukan masih sangat luas, apapun jenisnya sepanjang kita mampu menjadi yang terbaik dibandingkan dengan calon pesaing kita.
2.Lakukan Pencarian Tempat Beasiswa Dimana Yang Paling Baik & Cocok Untuk Anda
Setelah Anda menetapkan pilihan jurusan, tahap yang tidak bisa Anda sepelekan adalah dimana ilmu atau keterampilan itu diselenggarakan. Memang informasinya tidak mudah. Biasanya pada masing-masing kedutaan yang ada di Jakarta, atau di masing-masing perwakilan konsulat kebanyakan informasi tersebut tersedia di kantor dalam bentuk print.
3.Lakukan kontak person terlebih dahulu dengan calon pembimbing akademik Anda
Upaya mengontak lebih dulu calon narasumber atau pembimbing adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih dekat tentang keberadaan dari bidang yang akan Anda perdalam. Selain itu, kontak awal bertujuan untuk mengembangkan ide-ide bidang yang akan dipelajari. Kadangkala Anda akan mendapat advise yang baik sehingga bidang yang akan dipilih menjadi semakin tepat.
4.Pelajari Sumber Beasiswa
Sumber beasiswa beragam: beasiswa pemerintah, beasiswa badan-bandan dunia, beasiswa yayasan, beasiswa perusahaan dan beasiswa negara. Biasanya kalau negara yang menyediakan beasiswa, maka besar dan jenis beasiswa telah diepakati terlebih dahulu antara pihak Indonesia dengan pihak asing pemberi beasiswa.
5.Cari Alumni Penerima Beasiswa
Alumni adalah sumber informasi yang sangat berharga. Karena mereka telah melewati masa-masa kritis. Para alumni yang paling mudah ditemukan berada di perguruan tinggi.
6.Masukan Lamaran Tepat Waktu
Mengigat lamaran adalah tepat waktu, maka Anda juga harus memasukan lamaran sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Selain pertimbangan waktu, maka Anda juga harus memenuhi segala persyratan yang sudah ditetapkan. Jika Anda tidak memenuhi seluruh persyaratan, maka Anda akan kalah dalam seleksi administrasi.
7.Persiapkan Materi Ujian atau Wawancara
Selalu ada penjelasan masing-masing tahap ujian, untuk itu Anda dapat mempersiapkan diri sesuai dengan perjalanan seleksi. Jika ujiannya tertulis, yang Anda perlu jaga adalah konsentrasi Anda untuk menjawab segala materi ujian yang diberikan. Jika sifat ujiannya wawancara, maka wawancara adalah satu tahap yang kritis jadi persiapkanlah segala sesuatunya dengan matang.


0 comments:

Newer Post Older Post Home