Blogger Template by Blogcrowds

Apa Itu TOEFL ?

Hmmm.... sejenis apa lagi neh yang dinamakan TOEFL... Oke guys bagi yang dah ngerti sabar dulu ya..TOEFL adalah singkatan dari The Test Of English as a Foreign Language..kira-kira artinya seperti ini neh...TOEFL adalah sebuah test yang sengaja dibikin sebagai salah satu persyaratan mutlak atau utama untuk kuliah keluar negeri bagi peserta yang berasal dari negara yang bahasa Inggris bukan merupakan bahasa utamanya atau bahasa kesehariannya...jadi orang Inggris atau Amerika kalo mau kuliah ga pake test TOEFL-TOEFL an segala ya???(yang nanyain ini pasti gagal deh dapetin beasiswa..yang ginian aja ditanya) jadi kita orang Indonesia atau orang Asia atau orang Suriname yang bahasa ibunya bahasa Jawa kalau mau kuliah keluar negeri musti kudu dan wajib pake tes TOEFL. Walaupun kuliahnya ke Malaysia atau Singapura. Soalnya yang saya dengar dari temen yang kuliah di sana, TOEFL juga merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi. Jadi jika temen-temen pengen kuliah keluar negeri pake beasiswa atau biaya sendiri ya tetep musti pake tes TOEFL ini.
TOEFL ada dua jenis guys...ada Internasional TOEFL dan juga TOEFL Institusional Testing Program (TOEFL-ITP). Untuk keperluan keluar negeri berdasarkan yang saya baca di Kompas pada pertengahan tahun 2007, rata-rata lembaga penyedia beasiswa mengakui sertifikat dengan label Internasional TOEFL yang berbentuk computer based TOEFL (nah apalagi neh Computer based TOEFL..ntar kalo ada waktu diterangin ya....kalo sempet lho..jadi sekarang ngangguk aja dulu ya hehehehe) sebagai syarat kuliah keluar negeri dan ngedapetin beasiswa. Namun berdasarkan pengalaman saya untuk lembaga Ford Foundation tetap masih mengakui sertifikat dengan label TOEFL-ITP yang berbentuk paper based TOEFL karena untuk di Indonesia sertifikat Internasional TOEFL masih sangat jarang disediakan oleh Lembaga-lembaga Bahasa Inggris. Lagian harga Internasional TOEFL dengan Computer based TOEFL cukup mahal dan dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.
Namun teman-teman ga perlu khawatir apabila dikotanya ga ada yang nyediain tes dengan sertifikat halal eh salah Internasional hehehehehe....karena biasanya apabila kita belum memiliki sertifikat Internasional, lembaga penyedia beasiswa juga akan menyediakan test buat kita..tapi ya musti bayar dulu ya buat testnya. Harganya ya sekitar Rp.250.000,- tergantung dari harga dolar saat anda melaksanakan test.
Untuk Internasional TOEFL mengukur kemampuan bahasa Inggris dalam listening, structure, reading dan writing. Namun pada tahun 2006 (yang saya baca dikoran lho..tapi lupa korannya apa hehehehe..maklumin aja ya) Internasional TOEFL yang berbentuk Computer Based TOEFL akan berganti wujud menjadi The Next Generation TOEFL, perubahan ini berlaku diseluruh dunia (hihihihihi...mimpi buruk neh bagi anda karena nurut saya tingkat kesulitannya pasti bertambah sulit karena yang computer based TOEFL aja setelah saya coba itu dah sulit banget apalagi yang baru ini...banyak-banyak berdoa deh ya).
The Next Generation TOEFL sendiri akan terdiri dari 4 komponen ujian yaitu listening, reading, speaking dan writing. Komponen structure dihilangkan dan diganti dengan speaking. Umumnya skor TOEFL yang diminta adalah antara 550-600 namun saya juga banyak menemui teman-teman yang dengan skor antara 530-550 mampu mendapatkan beasiswa. Namun jika temen-temen ingin coba-coba latihan test TOEFL online gratis bisa klik aja di www.toefl.org/practice atau kalo mau keterangan yang lebih lengkap lihat aja www.ets.org.
Tapi guys...don’t worry...saya ngerasa The Next Generation TOEFL belum bisa dilaksanain deh kecuali oleh lembaga penyedia beasiswa itu sendiri sedangkan yang Internasional TOEFL dengan Computer based TOEFL aja masih juga belum jalan apalagi yang ini...ya...hope so....Amien.


0 comments:

Newer Post Older Post Home