Blogger Template by Blogcrowds

Kenapa Harus Jerman ??
Hai guys...ada banyak tawaran beasiswa dari berbagai negara yang masuk dan di Promosikan di Indonesia. Dan hampir setiap ada pameran pendidikan luar negeri peminatnya begitu berlimpah di negeri ini. Sebenarnya apa yang menjadi tujuan mereka (negara luar pemberi beasiwa) yang dengan murah hati memberikan beasiswa kepada kita?
Ada beberapa alasan yang cukup masuk akal yakni negara kita dengan jumlah penduduk sekitar 220 juta jiwa merupakan pangsa pasar potensial dan menggiurkan bagi lembaga-lembaga pendidikan luar negeri karena dengan jumlah peduduk yang begitu besar dengan memberikan beasiwa kepada kita bisa mendatangkan devisa yang cukup besar pula bagi mereka (negara penyedia beasiswa). Namun ada juga alasan tersembunyi yang saya dengar dari beberapa teman yang telah mendapatkan beasiswa keluar negeri yakni sebenarnya dana beasiswa yang begitu besar adalah dana yang berasal dari pajak yang seharusnya mereka (negara penyedia beasiswa) setorkan ke Negara kita. Namun karena mereka berpikir bahwa bagaimana agar image negara mereka menjadi bagus di mata orang Indonesia maka mereka menyetorkan pajak tersebut dengan kedok memberikan beasiswa kepada kita yang sebenarnya beasiswa tersebut adalah uang kita sendiri yang berasal dari pajak yang tidak mau mereka bayarkan. Jadi teman-teman (terserah pendapat ini benar atau tidak) tidak ada salah nya bagi kita untuk mencoba mendapatkan beasiswa sekuat tenaga kita karena apapun dana beasiswa itu berasal yang penting kita harus berjuang untuk memperbaiki kualitas hidup bangsa ini melalui peningkatan mutu pendidikan yang dimulai pada diri kita sendiri.
Kembali ke topik semula pada judul diatas, kenapa harus Jerman yang kita tuju sebagai sasaran beasiswa kita?
Jawabannya adalah..selama saya membaca berbagai buku dan artikel tentang beasiswa dan sepanjang yang saya dengar dari teman-teman yang pernah kuliah di luar negeri, baru Jerman lah yang saya dengar menggratiskan biaya kuliah 100% plus anda juga mendapatkan biaya hidup sebsar Rp.11 juta perbulan dan apabila anda membawa keluarga ke Jerman maka kehidupan keluarga anda pun juga ditanggung oleh masyarakat Jerman.
Wah enak banget donk...Yup!! Jerman yang kita ketahui adalah salah satu negara termakmur selain Finlandia, Swiss dan (apalagi ya..wah lupa gue..hehehehe..sorry)maka tak heran mereka mau mengeluarkan biaya begitu besar untuk masing-masing peserta beasiswa. Apa yang mereka dapatan dari pengeluaran sebesar itu? Ya itu tadi devisa dan mereka sekaligus mempromosikan negara mereka dengan cara mereka akan menjaga hubungan baik dengan setiap mahasiswa internasional yang pernah kuliah di Jerman. Dengan harapan nantinya akan banyak wargakita yang ingin melanjutkan kuliah disana.
Apalagi manfaat kuliah di Jerman?? Jerman terletak di benua Eropa tengah sehinga boleh dikatakan negara ini berada di tengah benua eropa sehingga apabila anda kuliah di Jerman anda akan dengan gampang mengunjungi negara-negara di Eropa (karena masuk di antar negara-negara di benua Eropa tidak memerlukan visa) dan anda akan mendapatkan pandangan dan visi yang lebih dalam mengenai pasar atau kebudayaan di Eropa.
Alasan lainnya yakni Jerman terkenal dengan teknologi yang tinggi (ingat Jerman pasti ingat Pak Habibie yang jenius itu kan) sehingga Jerman sebagai tempat yang paling cocok buat kamu-kamu yang ingin belajar teknik. Namun sekarang dengan perkembangan dunia kependidikan di Jerman, ilmu-ilmu sosial, filsafat dan humaniora nya pun juga tak kalah kok dibandingin dengan negara-negara lain.
Alasan selanjutnya (alasan keberapa ya ini) kebanyakan Universitas di Jerman mempunyai jalinan begitu erat dengan perusahaan atau dunia industri. Dengan demikian, bagi mahasiswa ada kesempatan untuk belajar hidup dan bekerjasama dengan manusia lain yang berbeda bahasa, latar budaya dan dalam derajat kulifikasi yang tinggi. Dengan artian anda-anda semua akan berhubungan dan beriteraksi dengan orang-orang pilihan di Negara ini dari ragam dan negara yang berbeda. Bisa jadi tambah cerdas begitu balik ke Indonesia nantinya..tapi inget..balik ke Indonesia ilmu yang didapat juga ditransfer ya..jangan dimakan sendiri..makin sering kita berbagi ilmu dengan yang lain maka akan bertambah ilmu kita sesering kita berbagi dengan orang lain. Piss !!!
Bagi yang ingin mengetahui informasi mengenai beasiswa di Jerman, teman-teman bisa mencari informasi dengan mengklik di :
www.campus-germany/de
www.daad.de/deutschland/en/index.html
www.daad.de/deutschland/en/2.3.1.html
www.auswaertiges-amt.de/www/de/adressen_html
www.goethe.de
www.studeinkolleges.de


0 comments:

Newer Post Older Post Home